TIDAK ADA KONEKSI

Babe ikut sedih koneksi internet kamu terputus atau tidak tersambung dengan internet

COBA LAGI

Selalu Sajikan Berita yang Kamu Inginkan
Kapan saja dimana saja !

Tersedia di

Setelah Ngamar Bareng Selingkuhan, Anita Dibunuh Jasadnya Sangat Menyedihkan

Almitania alias Anita Azka (34), perempuan berkulit putih ditemukan

BACA DI APLIKASI BABE
(303.948)
Top Developer

Malam ini, Peringatan Isra' Mi'raj di Kraton Yogya

krjogja.com - 02 - Apr - 2019

YOGYA.KRJOGJA.com- Dalam rangka memperingati peristiwa Isra’ Mi’raj yang jatuh pada tanggal 27 Rejab tahun Jawa, Kraton Yogyakarta, Selasa (2/4/2019) malam di Masjid Gede Kauman mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak berupa hewan burung yang dibuat menggunakan buah dan kulit jeruk bali. Hal itu sebagai bentuk simbol diperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pada Hajad Yasa Paksi burok, Kraton selalu mengunakan simbol burung Buraq, makhluk kepercayaan yang diyakini menjadi kendaraan nabi saat melakukan Isra' Mi'raj. Hajad Dalem ini diawali dengan membuat Peksi Burak, 2 pohon buah bersimbol burung dan empat pohon bunga.

Dari pantauan krjogja.com, Kulit jeruk bali tersebut dibentuk dan diukir menyerupai badan, leher, kepala, dan sayap burung. Burung jantan diberi jengger (pial) untuk membedakannya dari burung betina.

Masing-masing Peksi Burak akan diletakkan di atas sebuah susuh, atau sarang, yang dirangkai dari daun kemuning sebagai tempat bertengger. Peksi Burak dan sarang ini diletakkan di bagian paling atas dari pohon buah, dengan disangga oleh ruas-ruas bambu. Jika dilihat dari kejauhan, bentuk burung tidak terlalu nampak karena warna kulit jeruk dan sarang nya memiliki warna yang hampir sama.

Mulanya sebelum di letakan, Peksi Burok diarak dari Kraton Peksi Burak akan dibawa melewati halaman tengah atau pelataran keraton, keluar melalui Regol Kamandungan Lor, melewati Jalan Rotowijayan, kemudian menuju Masjid Gedhe yang berada di sisi barat Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

"Peksi Burak yang telah selesai dirangkai diarak menuju Masjid Gedhe dan sebelumnya sudah dipanjatkan doa, kata Muh Susmono Abdi Dalam Masjid Gedhe kepada krjogja.com.

Muh Susmono menambahkan, malam ini, akan dilaksanakannya Isro dan Mi'raj kanjeng Nabi Muhammad SAW. " Yang dateng nanti dari Kraton, para Abdi Dalam. Masyarakat umum juga boleh silahkan kesini," katanya.

Setelah acara malam nanti selesai, Peksi Burak akan dibagi kepada para hadirin. " Jadi buahnya nanti diberikan kepada yang datang sebagai sodaqoh juga," pungkasnya (Ive)

Home
Video
Lokal
Ekstra

Ente tau gak?