TIDAK ADA KONEKSI

Babe ikut sedih koneksi internet kamu terputus atau tidak tersambung dengan internet

COBA LAGI

Selalu Sajikan Berita yang Kamu Inginkan
Kapan saja dimana saja !

Tersedia di

Setelah Ngamar Bareng Selingkuhan, Anita Dibunuh Jasadnya Sangat Menyedihkan

Almitania alias Anita Azka (34), perempuan berkulit putih ditemukan

BACA DI APLIKASI BABE
(303.948)
Top Developer

Tim Arkeolog BPCB Jatim Duga Situs Sekaran Merupakan Pedesaan Masa Pra-Majapahit

Malangtimes - 17 - Mar - 2019

MALANGTIMES - Penggalian situs Sekaran yang ditemukan di proyek pembangunan tol Malang Pandaan (Mapan) mulai membuahkan hasil. Hal tersebut diungkapkan Wicaksono Dwi Nugroho Kepala tim arkeolog BPCB Jawa Timur bahwa adanya struktur bangunan baru di luar titik penggalian yang diperkirakan menyerupai pintu masuk menuju ke sebuah bangunan yang diperkirakan dibangun di zaman pra-Majapahit.

Di hari ke-5 penggalian temuan situs tersebut, Wicaksono menuturkan bahwa ia sedang melakukan penyisiran susunan batu bata kuno yang semakin meluas. Dalam penyisiran tersebut, ia menuturkan bahwa peta penggalian struktur bata kuno tersebut diperluas ke arah barat laut. Sehingga, terdapat susunan batu bata terpisah dengan jarak sekitar beberapa meter saja dan bukan dalam sebuah bangunan utuh.

“Kami temukan tatanan batu bata utuh yang yang terpisah. Ada struktur tatanan yang kami yakini merupakan pondasi bangunan. Perkiraan sementara situs ini pintu masuk yang menuju ke sebuah bangunan yang lebih besar yang ada di tengah, kemudian ada bangunan kecil yang mengelilinginya” ujar wicaksono kepada Malangtimes.com saat ditemu di lokasi penggalian, Minggu (17/3/2019).

Lanjutnya, ia juga menuturkan bahwa hasil penggalian selama ini cukup signifikan. Sehingga ke depannya akan bisa dijadikan literasi akademis. Sehingga untuk pengungkapan situs tersebut, penggalian akan ia selesaikan hinga 21 Maret 2019 nanti.

Sementara itu,ia menuturkan bahwa selama porses ekskavasi berlangsung, ia mendapati banyak temuan struktur tatanan batu bata kuno yang nantinya akan dilakukan penyingkapan agar mengetahui struktur yang lebih jelas.

”Kita mengukur sekitar luas 15 meter ke arah barat dan 25 meter keselatan dari lokasi temuan awal, kita temukan struktur tatanan bata yang ada di barat daya dari lokasi temuan awal, sebaran fragmen bata hingga radius tersebut,” pungkasnya.

Home
Video
Lokal
Ekstra

Ente tau gak?