TIDAK ADA KONEKSI

Babe ikut sedih koneksi internet kamu terputus atau tidak tersambung dengan internet

COBA LAGI

Selalu Sajikan Berita yang Kamu Inginkan
Kapan saja dimana saja !

Tersedia di

Setelah Ngamar Bareng Selingkuhan, Anita Dibunuh Jasadnya Sangat Menyedihkan

Almitania alias Anita Azka (34), perempuan berkulit putih ditemukan

BACA DI APLIKASI BABE
(303.948)
Top Developer

Enam Tips Belanja Online di Harbolnas Tanpa Rasa Sesal dan Salah

Tempo - 4 hari lalu
Enam Tips Belanja Online di Harbolnas Tanpa Rasa Sesal dan Salah

Hari belanja online nasional (Harbolnas) harbolnas.com

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas kembali digelar hari ini, Ahad, 11 November 2018. Event belanja menggunakan tagline Harbolnas 11.11 ini menawarkan berbagai diskon, cash back dan juga gratis ongkos kirim.

Meski demikian, supaya Harbolnas 11.11 tak hanya sebagai ajang menghabiskan dana, perlu dipikirkan strategi yang tepat supaya ajang ini tidak justru menjadi beban keuangan. Perencana keuangan Mike Rini Sutikno mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya belanja di Harbolnas 11.11 tidak justru menjadi beban bagi keuangan.

"Dalam acara Harbolnas 11.11 yang paling penting dilakukan adalah tidak perlu sampai kalap atau lupa diri dalam melakukan belanja online," kata Mike kepada Tempo, Ahad, 11 November 2018.

Adapun berikut tips yang bisa dilakukan supaya belanja tidak menjadi beban bagi keuangan menurut Mike.

1. Pastikan belanja hanya sesuai kebutuhan saja

Artinya, dalam mengikuti belanja di Harbolnas 11.11, pastikan hal-hal yang dibeli merupakan barang yang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Untuk itu diperlukan menyusun atau menuliskan daftar barang yang akan dibelanjakan didasarkan pada kebutuhan. Jadi tidak ada alasan membeli barang apapun jika tidak didasarkan pada kebutuhan.

2. Tetapkan jumlah anggaran

Setelah membuat daftar barang belanjaan sesuai kebutuhan, maka yang perlu dilakukan adalah menyusun anggaran. Dalam hal ini dari seluruh daftar barang belanja tersebut, berapa masing-masing barang dana akan dialokasikan.

Jadi alangkah lebih baik kalau kita window shoping dulu harga rata-rata di pasaran berapa harga barang yang sedang kita incar untuk sesuai kebutuhan. "Kurang lebih harganya berapa dari masing-masing toko mana yang jual mahal mana yang jual murah kita bisa memilih," kata Mike.

3. Batasi waktu belanja di marketplace

Menurut Mike, ada baiknya memberikan batasan waktu bagi yang berniat untuk belanja di saat Harbolnas 11.11. Sebab, semakin lama wara-wiri atau mencari tahu di situs e-commerce tertentu maka akan membuat orang-orang yang belanja untuk tergiur melakukan belanja lebih banyak dari daftar yang telah disusu. "Mungkin 2-3 jam ditetapkan dari jam berapa hingga jam berapa sudah cukup, tidak perlu terlalu lama," kata dia.

4. Susun kata kunci untuk barang yang dincar

Pendiri lembaga perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi ini juga mengatakan bahwa sebelum memulai belanja ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu kata kunci dari masing-masing barang yang ingin dibeli. Hal ini penting supaya barang yang incar atau diinginkan tidak kehabisan.

5. Pilih program yang paling menguntungkan

Selain merancang daftar susunan barang yang akan dibeli, rencana anggaran, hal lain yang perlu juga diketahui adalah mencari tahu sebanyak mungkin program-program yang ditawarkan. Pilih mana saja e-commerce yang menawarkan program yang paling menarik dan memberikan keuntungan dan yang paling diprioritaskan sesuai kebutuhan. "Apakah yang berupa diskon, cashback atau gratis ongkir. Mana yang kira-kira menurut anda paling menguntungkan," kata Mike.

6. Hindari belanja dengan sistem kredit

Tips yang terakhir adalah sebisa mungkin menghindari cara membeli dengan sistem kredit. Terutama untuk barang-barang sifatnya konsumtif seperti dalam hal belanja dalam event Harbolnas 11.11. Jadi tidak perlu memaksakan diri untuk berhutang hanya karna ingin memenuhi keinginan berbelanja padahal tidak urgen atau terlalu penting. "Bayarlah pembelanjaan dengan tunai kalau pun pakai kartu kredit tagihan yang datang perlu segera dilunasi," kata Mike.

DIAS PRASONGKO | CAESAR AKBAR

Home
Video
Lokal
Ekstra

Ente tau gak?