TIDAK ADA KONEKSI

Babe ikut sedih koneksi internet kamu terputus atau tidak tersambung dengan internet

COBA LAGI

Selalu Sajikan Berita yang Kamu Inginkan
Kapan saja dimana saja !

Tersedia di

Setelah Ngamar Bareng Selingkuhan, Anita Dibunuh Jasadnya Sangat Menyedihkan

Almitania alias Anita Azka (34), perempuan berkulit putih ditemukan

BACA DI APLIKASI BABE
(303.948)
Top Developer

Bakteri Coliform Air Sumur Capai 280, Warga Pasar Smep: Kok Banyak Sekali

duajurai - 4 hari lalu
Bakteri Coliform Air Sumur Capai 280, Warga Pasar Smep: Kok Banyak Sekali

Hendry Sihaloho 11 November 2018

Bakteri Coliform Air Sumur Capai 280, Warga Pasar Smep: Kok Banyak Sekali

BANDAR LAMPUNG, – Warga Jalan Batu Sangkar Terusan, Gang Budi Luhur, RT 07, Kelurahan Kelapa Tiga, kompleks Pasar Smep, Bandar Lampung, sontak terkejut saat mengetahui air sumurnya mengandung bakteri Coliform melebihi ambang batas, yakni 280. Warga tak menyangka bahwa bakteri pembusuk yang memproduksi berbagai racun itu begitu banyak.

Kok banyak sekali (bakterinya). Itu bahayanya seperti apa,” kata Bani Marto (65), warga setempat, saat diwawancarai di kediamannya, Minggu, 11/11/2018.

Bani mengatakan, sebelum mengambil sampel air sumurnya untuk uji laboratorium, dirinya terlebih dahulu menaburkan tawas ke dalam sumur. Harapannya, air sumur menjadi bersih, sehingga dapat dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, Mulyadi (50), warga lainnya, mengaku tak heran soal air sumur warga tercemar bakteri Coliform. Pasalnya, jarak antara sumur dan kubangan di Pasar Smep yang berisi berbagai macam sampah relatif dekat. Dia menduga, air dalam kubangan meresap ke dalam tanah, lalu mencemari air sumur warga setempat.

“Apalagi, sebelum penggalian kubangan, ada pohon besar yang ditebang, namun tidak sampai akarnya. Nah, sisa akarnya yang di pinggir itu kan terendam air. Mungkin lama-kelamaan membusuk dan membentuk lubang, sehingga airnya mudah meresap dan mengarah ke sumur warga,” ujarnya.

Sejumlah air sumur warga di kompleks Pasar Smep tercium aroma kurang sedap, seperti bau busuk dan bau karat. Hal tersebut semenjak ada kubangan di Pasar Smep yang berisi berbagai jenis sampah dan bangkai hewan. Menurut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung, air dalam kubangan tersebut dapat meresap ke tanah dan mencemari sumur warga setempat. Berdasar hasil pengujian Balai Laboratorium Kesehatan Lampung, sampel air sumur di sana positif mengandung bakteri Coliform yang melebihi ambang batas, yakni 280.(*)

Laporan Rudi Virgo

Home
Video
Lokal
Ekstra

Ente tau gak?