TIDAK ADA KONEKSI

Babe ikut sedih koneksi internet kamu terputus atau tidak tersambung dengan internet

COBA LAGI

Selalu Sajikan Berita yang Kamu Inginkan
Kapan saja dimana saja !

Tersedia di

Setelah Ngamar Bareng Selingkuhan, Anita Dibunuh Jasadnya Sangat Menyedihkan

Almitania alias Anita Azka (34), perempuan berkulit putih ditemukan

BACA DI APLIKASI BABE
(303.948)
Top Developer

Rahasia Cepat Khatam Alquran Selama Ramadan. Simak Yuk!

Tribunnews Batam - 5 hari lalu
Rahasia Cepat Khatam Alquran Selama Ramadan. Simak Yuk!

TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

RAMADAN yang merupakan bulan berkah sangatlah sayang bila dilewatkan begitu saja. Banyak pahala yang bisa didapatkan selama sebulan penuh sebelum datangnya hari kemenangan.

Tak hanya dengan berpuasa, memperbanyak sedekah, membaca Alquran juga tak boleh dilewatkan. Dengan sedikit kegigihan, dalam sebulan bahkan seseorang bisa beberapa kali khatam Alquran.

Yanshanti Buan Agusfina, seorang mahasiswi Politeknik Negeri Batam, jurusan akuntansi managerial semester 4 ini mengaku tiap tahun selalu khatam Alquran. Tahun ini pun cewek tersebut menargetkan untuk kembali khatam Alquran.

Dan untuk merealisasikannya, dia memiliki trik dan langkah khusus agar bisa khatam saat Ramadan.

"Target tahun ini sehari 20 lembar, jadi setiap selesai salat baca empat lembar. Tapi kalau zuhur cuman bisa dua lembar, karena waktu istirahatnya sebentar. Jadi gantinya di waktu senggang atau saat di perjalanan, karena saya menggunakan trans Batam," katanya.

Berhubung seorang wanita ada masa haid, maka ia tidak lupa membayar utang bacaannya sebelum haid atau sesudah haid. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa khatam Alquran.

Tidak hanya Yanshanti, Ellya Sagita seorang guru di salah satu sekolah swasta di Batam mengaku rutin membaca Alquran setiap selesai salat sebanyak dua lembar. Dengan mengamalkan ini selama sebulan, ia dapat khatam Alquran setiap Ramadan.

Lain hal dengan Vinny Desasri, walaupun tahun sebelumnya tidak mencapai target khatam Alquran, tahun ini Ia bertekad akan membaca Alquran sampai khatam.

"Kalau kemarin sebelum puasa jarang, tapi insya Allah bulan puasa ini mau khatam Alquran lagi," katanya.Sementara itu, HA Ridho Amir MHI, Imam Masjid Raya Batam dan Ketua Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Cabang Batam mengatakan, untuk bisa mencapai target khatam Alquran bisa menggunakan cara masing-masing. Tentunya disesuaikan dengan kondisi orang bersangkutan.

Tujuannya agar yang punya pekerjaan atau kegiatan wajib jangan sampai terkurangi karena alasan mengaji. Semua bisa berjalan sewajarnya.

"Contoh pegawai pemerintahan, buruh, pedagang, karyawan dan sebagainya bisa melakukan aktifitas mengaji di luar itu. Seperti saat saat akan persiapan atau sesudah salat 5 waktu. Jadi puasa dan mengaji Alquran tidak boleh mengurangi produktifitas bekerja," ujarnya.

Jika ingin khatam Alquran dalam satu bulan, maka kita perlu membagi waktu dan halaman yang ada dalam Alquran. Seperti, Alquran Mushhaf Madinah atau cetakan Indonesia yang biasa dipakai para penghafal Alquran (Bahriyah) itu ada 10 halaman tiap juz-nya.

"Agar bisa khatam dalam sebulan kita harus baca 1 juz per harinya. Nah, itu artinya Alquran cukup dua halaman saja setiap sebelum atau sesudah shalat 5 waktu," katanya.

Jika ingin Khatam dua kali dan seterusnya, berarti kita harus baca empat halaman setiap akan salat atau usai salat. Begitu seterusnya tinggal menghitung kelipatan, berapa kali kita akan khatam.

"Dan yang pasti upayakan kita sudah memberikan porsi baca Alquran. Jadi bukan waktu sambilan atau jika ada waktu. Sehingga sangat bisa khatam Alquran lebih dari sekali tergantung kesanggupan seseorang dalam membacanya," ungkapnya Kamis (17/5/2017).

Dan setelah khatam, hal yang harus kita lakukan juga adalah memahami arti dan mengamalkannya. Namun hal tersebut butuh pembimbing yang memiliki kompetensi dalam memahami Alquran.

"Khusus Ramadan hal ini bisa terbantu dengan mendengarkan kajian-kajian kultum tarawih, subuh dan zuhur atau kajian lainnya. Dan yang sangat penting dicatat adalah bukan sekadar berapa kali kita khatam, namun yang tidak kalah pentingnya adalah mengamalkan Islam Rahmatan Lil Alamin karena Islam adalah agama damai penuh cinta dan kasih kepada semua manusia, bahkan semua makhluk ciptaanNya," kata Ustaz Ridho. (*)

Tips

Khatam dalam Sebulan

1. Setelah atau sebelum salat lima waktu baca Alquran minimal 2 halaman. Jika mau lebih dari sekali, lipat gandakan saja

2. Pilih Alquran Mushaf Madinah atau cetakan Indonesia. Karena satu juz nya 10 halaman.

3. Selain khatam, amalkan isi Alquran dengan mencari pembimbing yang berkompeten. (*)

Home
Video
Lokal
Ekstra

Ente tau gak?